Efek samping dan Bahaya Membaca sambil Tiduran

Efek samping dan Bahaya Membaca sambil Tiduran. Membaca sambil tiduran memang asyik dan rileks. Apalagi kalau buku yang di baca merupakan buku yang sangat menarik. Bisa-bisa karena terlalu lelah membaca sampai jatuh ketiduran. Tapi itu bukan masalah utama. Menurut beberapa mitos yang beredar di masyarakat, membaca sambil tiduran dapat merusak mata. Benarkah?

Benar sekali. Terutama jika posisi mata, buku dan pencahaya tidak seimbang. Mata merupakan aset berharga karunia ilahi yang tidak bisa di gantikan oleh apapun. Karena mata merupakan indra penting yang berfungsi sebagai alat penglihatan. Dengan menggunakan mata kita melihat, membaca dan mengawasi sesuatu. Karenabegitu pentingnya mata maka adalah sebaiknya kalau kita harus menjaga mata kita secara ekstra hati-hati. Salah satunya adalah mengurangi durasi membaca sambil tidur.

Membaca sambil tiduran berbahaya karena terkadang kita keasyikan hingga lupa waktu. Padahal, mata juga perlu rileks dan istirahat. Waktu membaca yang di sarankan baik dengan tiduran atapun dengan posisi yang lain adalah sekitar 1 jam, boleh kurang tetapi jangan berlebihan. Posisi buku juga berpengaruh... apalgi pencahayaan. Membaca dibawah cahaya yang remang-remang akan membuat mata berakomodasi dengan kuat. Ini akan menyebabkan kelelahan. Jika terlalu keseringan maka akan menyebabkan trahom atau kelainan mata yang lain. Jadi waspada... jangan terlalu sering membaca sambil tiduran karena itu berbahaya bagi kesehatan mata.

Tambahkan Komentar Sembunyikan